Kab. Berau

  • Kabupaten Berau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanjung Redeb. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 34.127,47 km² dan berpenduduk sebesar kurang lebih 179.079 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010).

    Secara kasat mata Kalimantan Timur memang lebih dikenal dengan citra hutan rimba tropis dengan hewan-hewan primatanya dan hasil tambang dan minyak buminya. Tetapi ternyata di luar itu semua Kalimantan menyimpan sejuta potensi wisata yang tidak kalah indah dibandingkan dengan objek wisata di daerah lainnya.

    Jumlah pantai di Kalimantan memang tidak banyak karena struktur tanahnya yang banyak di dominasi oleh gambut dan rawa-rawa dan pantainya yang banyak didominasi oleh lumpur dan hutan bakau. Tapi bukan berarti Kalimantan tidak menghadirkan pantai-pantai indah dengan pasir putih dan kuning keemasan yang berkilau, terdapat banyak pantai pantai indah yang terkenal di pulau Kalimantan.

    Selain keindahan alam dan pantai Kalimantan juga menyimpan keindahan bawah laut dengan karang-karang dan ikan-ikannya yang menakjubkan.

  • Kabupaten Berau berasal dari Kesultanan Berau yang didirikan sekitar abad ke-14. Menurut sejarah Berau, Raja pertama yang memerintah bernama Baddit Dipattung dengan gelar Aji Raden Surya Nata Kesuma dan Isterinya bernama Baddit Kurindan dengan gelar Aji Permaisuri. Pusat pemerintahan kerajaan pada awalnya berkedudukan di Sungai Lati (sekarang menjadi lokasi pertambangan Batu Bara PT. Berau Coal).

    Aji Raden Suryanata Kesuma menjalankan masa pemerintahannya tahun 1400–1432 dengan adil dan bijaksana, sehingga kesejahteraan rakyatnya meningkat. Pada masa itu dia berhasil menyatukan wilayah pemukiman masyarakat Berau yang disebut Banua, yaitu Banua Merancang, Banua Pantai, Banua Kuran, Banua Rantau Buyut dan Banua Rantau Sewakung.

    Di samping kewibawaannya, kedudukan Aji Raden Suryanata Kesuma juga sangat berpengaruh, menjadikan dia disegani lawan maupun kawan. Untuk mengenang jasa Raja Berau yang pertama ini, Pemerintah telah mengabdikannya sebagai nama Korem 091 Aji Raden Surya Nata Kesuma yang Rayon Militer Kodam VI/TPR.

    Setelah dia wafat, Pemerintahan Kesultanan Berau dilanjutkan oleh putranya dan selanjutnya secara turun temurun keturunannya memerintah sampai pada sekitar abad ke-17. Kemudian awal sekitar abad XVIII datanglah penjajah Belanda memasuki kerajaan Berau dengan berkedok sebagai pedagang (VOC). Namun kegiatan itu dilakukan dengan politik De Vide Et Impera (politik adu domba). Kelicikan Belanda berhasil memecah belah Kerajaan Berau, sehingga kerajaan terpecah menjadi 2 Kesultanan yaitu Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur.

    Pada saat bersamaan masuk pula ajaran agama Islam ke Berau yang dibawa oleh Imam Sambuayan dengan pusat penyebarannya di sekitar Sukan. Sultan pertama di Kesultanan Sambaliung adalah Raja Alam yang bergelar Alimuddin (1800–1852). Raja Alam terkenal pimpinan yang gigih menentang penjajah belanda. Raja Alam pernah ditawan dan diasingkan ke Makassar (dahulu Ujung Pandang). Untuk mengenang jiwa Patriot Raja Alam namanya diabadikan menjadi Batalyon 613 Raja Alam yang berkedudukan di Kota Tarakan.

    Sedangkan Kesultanan Gunung Tabur sebagai Sultan pertamanya adalah Sultan Muhammad Zainal Abidin (1800–1833), keturunannya meneruskan pemerintahan hingga kepada Sultan Achmad Maulana Chalifatullah Djalaluddin (wafat 15 April1951) dan Sultan terakhir adalah Aji Raden Muhammad Ayub (1951–1960). Kemudian wilayah kesultanan tersebut menjadi bagian dari Kabupaten Berau.

    Sultan Muhammad Amminuddin menjadi Kepala Daerah Istimewa Berau. Dia memerintah sampai dengan adanya peraturan peralihan dari Daerah Istimewa menjadi Kabupaten Dati II Berau, yaitu Undang-undang Darurat tahun 1953 Tanggal terbitnya Undang-undang tersebut dijadikan sebagai Hari jadi Kabupaten Berau. Dengan diterbitkannya Undang-undang No. 27 tahun 1959, Daerah Istimewa Berau berubah menjadi kabupaten Dati II Berau dan Tanjung Redeb sebagai Ibukotanya, dengan Sultan Aji Raden Muhammad Ayub (1960–1964) menjadi Bupati Kepala Daerah Tingkat II Berau yang pertama.

    Penetapan Kota Tanjung Redeb sebagai pusat pemerintahan Dati II Kabupaten Berau adalah untuk mengenang pemerintahan Kerajaan (Kesultanan) di Berau. Di mana pada tahun 1810 Sultan Alimuddin (Raja Alam) memindahkan pusat pemerintahannya ke Kampung Gayamyang sekarang dikenal dengan nama Kampung Bugis. Perpindahan ke Kampung Bugis pada tanggal 25 September tahun 1810 itu menjadi cikal bakal berdirinya kota Tanjung Redeb, yaitu kemudian dibadikan sebagai Hari jadi Kota Tanjung Redeb sebagaimana diterapkan dalam Perda No. 3 tanggal 2 April 1992.

  •    Pulau Derawan “Menikmati suasana alam tropis”

    Wisata bahari utama yang ada di Kabupaten Berau adalah wisata bahari kepulauan Derawan. Kepualuan Derawan adalah kepulauan yang terletak di sebelah timur pulau Kalimantan termasuk dalam Kabupaten Berau. Derawan ini merupakan kepulauan yang berada paling Timur dari Pulau Kalimantan. Kepulauan Derawan terdiri atas 6 pulau, antara lain Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Meratus, Pulau Sangalaki, Pulau Panjang dan Pulau Semama. Kepulauan Derawan ini diberi nama Obyek Wisata Bahari Kawasan taman Laut Derawan. Kepulauan Derawan merupakan bagian dari Ekoregion Laut Sulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia dan Filipina. Ekoregion ini terletak dipusat Kawasan Segitiga Karang Dunia dengan keanekaragaman hayati karang tertinggi didunia. Segitiga Terumbu Karang ini disebut juga “The Coral Triangle” karena menjadi episenter kehidupan laut yang memiliki keragaman jenis biota laut. Terumbu karang dikawasan ini mencakup 53 % terumbu karang dunia. Bahkan berdasarkan penilitian yang dikembangkan, Kepulauan Derawan merupakan salah satu Multi Countries Fedding Ground terpenting didunia.

    Pulau Derawan ini memiliki panorama laut yang indah dengan pasir pantai yang putih, rindangnya pohon-pohon kelapa dan kehidupan penduduk desa setempat. Pulau ini terkenal dengan wisata baharinya khususnya penyelaman dan aktivitas snorklingnya. Perairan sekitar Pulau Derawan kaya akan keanekaragaman ikan dan biota laut. Penyu hijau juga banyak ditemukan di pulau derwan. Penyu-penyu hijau tersebut sangat jinak dan seringkali menampakan dirinya pada manusia. Menunggu penyu-penyu hijau tersebut muncul cukup mengasyikan. Seringkali penyu-penyu tersebut menuju pantai untuk bertelur. Menyaksikan secara langusng penyu bertelur merupakan sebuah hal yang langka.

    Di Pulau derawan ini terdapat Derawan Dive Resort, resort yang berstandar internasional dengan fasilitas yang memadai. Resost ini menyediakan fasilitas cottage untuk menginap. Fasilitas penyelaman, snorkeling, banana boat, kano, perahu layar, restaurant, café, dsb. Fasilitas lengkap inilah yang menambah kepuasan saat berlibur ke Pulau Derawan.

    Selain itu ada juga hotel-hotel dan penginapan serta homestay di rumah penduduk yang biaya sewanya lebih murah. Fasilitas pendukung lainnya, seperti rumah makan dan toko aksesoris juga cukup lengkap di pulau ini. Menikmati panorama laut dan pantai disertai dengan keramahan penduduk setempat (suku bajau) merupakan daya tarik utama dari Pulau Derawan.

    2)   Pulau Sangalaki “Habitat terbesar penyu hijau di Asia Tenggara.

    Pulau ini merupakan kawasan alami konservasi penyu. Setiap malamnya hampir 50 ekor penyu menuju pantai untuk bertelur. Dengan tubuhnya yang berat, penyu-penyu ini berjuang menuju pantai demi kelangsungan hidupnya. Selain itu, menyaksikan anak-anak tukik yang baru menetas berjuang menuju ke laut melanjutkan kehidupannya sungguh mengharukan. Di pulau ini terdapat WWF (World Wil Foundation) yang bergerak dalam hal konservasi terhadap penyu-penyu tersebut. Tidak diperkenankan untuk berburu penyu ataupun mengambil telur penyu. Telah ada peraturan yang melindungi terhadap penyu-penyu tersebut dari perburuan.

    Sangalaki juga termasuk pusat habitat Pari Manta di dunia. Penyelaman di Sangalaki terkenal dengan atraksi Pari Mantanya. Sekitar 50 ekor kawanan pari-pari berenang berirama seolah-olah sedang menari. Suasana di pulau ini sangat alami dan indah. Di pulau ini juga terdapat Sangalaki Dive Lodge. Resort ini menyediakan fasilitas untuk penyelaman, penginapan, took aksesoris dan restaurant. Sangalaki dive Lodge ramai dikunjungi, penyelamannya menakjubkan dan kehidupan bawah lautnya sangat eksotik. Dapat ditemukan Cuttlefish, Blue Ribbon Eels, penyu, pari manta, hiu dan puluhan spesies Nudibranch, ratusan spesies karang keras dan lunak yang menampilkan keindahan antara terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni.

    3)   Pulau Kakaban “Kawasan Warisan Dunia”

    Pulau Kakaban berbentuk menyerupai angka “9”. Bagian melingkarnya disebelah utara merupakan atol atau batu karang berbentuk cincin dan memiliki laguna. Kakaban menyuguhkan keunikan alam seperti yang hanya dapat ditemui di pulau-pulau yang berada di Republik Palau dikawasan Mikronesia, tenggra laut Pasifik. Terdapat danau berair payau yang terletak di tengah pulau kakaban.

    Danau kakaban telah ditetapkan sebagai kawasan warisan dunia (World Natural Heritage Area) pada tahun 2004 oleh UNESCO. Pulau ini benar-benar dilindungi dari perusakan yang dapat dilakukan oleh manusia. Wisatawan dan masyarakat setempat tidak diperbolehkan untuk menginap di pulau ini. Banyak peneliti yang datang untuk melakukan penelitian mengenai Danau Kakaban ini. Banyak spesies baru yang ditemukan di danau unik yang menakjubkan ini.

    Rimbunan pohon bakau membentuk hutan mangrove menghiasi pemandangan di pulau ini. Di Pulau Kakaban terdapat danau unik berair payau dimana terdapat 4 spesies ubur-ubur (jelly fish) yang tidak menyengat, 8 jenis ikan-ikan kecil, serta biota-biota endemic yang unik. Biota yang terdapat di danau ini terjebak dan mengalami evolusi untuk beradaptasi. Anda dapat menyelam untuk menikmati keindahan danau ini, menyaksikan kerajaan ubur-ubur.

    Dunia penyelaman telah mengenal beberapa titik penyelaman disekitar Pulau Kakaban, yaitu Barracuda Point, The Drift, Cabbage Patch, The Wall, Blue Light Cave, The Plateau, Rainbow Run, Diver’s Delight dan The North Face. Variasi dari berbagai tipe lokasi penyelaman ini sangat menarik bagi para penyelam yang berpengalaman.

    4)   Pulau Maratua “Surganya pulau tropis”

    Pulau Maratua letaknya agak jauh, namun jarak yang jauh tersebut terbayar dengan panorama laut dan pantainya yang luar biasa. Keasrian pantai dan laut disini benar-benar masih alami disbanding pulau-pulau lainnya. Lumba-lumba sering muncul dan mengiringi kapal anda saat menuju pulau Maratua. Petualangan gua (caving) dilakukan di gua-gua sarang burung walet, dan trekking menyusuri hutan-hutan yang ditumbuhi oleh pohon-pohon diatas batu karang. Kemudian mendaki gunung putih untuk menyaksikan sunrise serta melihat Teluk maratua untuk melihat ketinggian tebing. Sungguh merupakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup.

    Hal ini didukung dengan adanya 2 resort, yaitu maratua Paradise resort dan Nabucco Island Resort. 2 resort berstandar internasional yang siap memberikan fasilitas lengkap dan kenyamanan berlibur anda. Resort Paradise terletak disebuah pulau kecil sendiri, yaitu pulau Nabucco. Kedua pulau ini menyediakan fasilitas cottage untuk menginap, fasilitas penyelaman, snorkeling, restaurant, café, dsb. Berlibur di pulau ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang menginginkan ketenangan dalam beristirahat.

    5)   Kecamatan Biduk-Biduk

    1. Pulau Kaniungan Besar

    Merupakan wisata alam pesisir diman kita bisa menikmati panorama alam, pantai pasir putih dan kehidupan masyarakat nelayan.

    1. Pulau Kaniungan Kecil

    Merupakan wisata alam pesisir diman kita bisa menikmati panorama alam, pantai pasir putih dan kehidupan masyarakat nelayan.

    1. Pantai Harapan

    Merupakan lokasi wisata bahari dimana mempunyai daya tarik pesona alam pantai pasir putih, terumbu karang, kehidupan masyarakat nelayan dan tempat memancing atau diving.

    1. Labuhan Cermin

    Merupakan wisata alam dimana terdapat pantai berbentuk danau. Adapun rasa airnya dua rasa yaitu air asin dan air tawar. Dengan kebeningan air dan suhu yang mencapai 10-15o C membuat pantai ini disebut Labuan Cermin. Hal ini karena bayangan dan makhluk hidup yang ada didasar laut terlihat dengan jelas. Tempat tersebut cukup sejuk dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

     

    6)   Kecamatan Sambaliung

    1. Air Terjun Rantau Panjang

    Memberikan daya tarik panorama air terjun alam yang terletak di Kecamatan Sambaliung.

    1. Penangkaran Payau

    Memberikan tempat pengembangkan Payau (rusa). Saat ini jumlah Payau yang ada sebanyak 64 ekor.

    1. Desa Nyapa Indah

    Merupakan tempat wisata alam yang menyuguhkan panorama alam perbukitan.

    7)   Kecamatan Gunung Tabur

    Bendungan Merancang

    Bendungan yang terdapat di Merancang Ulu yang menyediakan sumber air bersih, irigasi, dan wisata tirta. Dan masuk dalam wilayah Kecamatan Gunung Tabur.

    8)   Kecamatan Teluk Bayur

    1. Bumi Perkemahan Mayang Mangurai

    Tempat rekreasi alam yang sangat menarik bagi keluarga anda, terdapat berbagai jenis tumbuhan dan binatang peliharaan dan yang hidup bebas. Jenis-jenis pepohonan dari yang berumur tua hingga berbentuk semaian disini beragam dan terjaga keasliannya karena merupakan kawasan hutanlindung yang ingin melakukan penelitian dan pecinta alam. Dilengkapi fasilitas permainan serta lokasi yang telah dibentuk untuk petualangan singkat di alam hutan. Merupakan pusat perkemahan Pramuka Berau.

    1. Hutan Wisata Sei Tangap

    Hutan yang terdapat di Tangap yang mempunyai daya tarik berbagai habitat flora dan fauna. Masuk dalam wilayah Kecamatan Teluk Bayur.

    1. Penangkaran Buaya

    Salah satu jenis wisata fauna yang mengembangkan hewan buaya.

    9)   Kecamatan Segah

    1. Sungai Gie

    Objek wisata yang terletak di Long Laay yang memberikan potensi dan tantangan untuk arung jeram dan wisata petualangan.

    1. Sungai Long Laay

    Merupakan jenis wisata alam yang memberikan potensi dan tantangan untuk arung jeram dan wisata petualangan.

    1. Sungai Yan

    Objek wisata yang memberikan potensi gua batu yang terdapat di Long Ayan Kecamatan Segah.

    1. Sungai Siduung, Siduung Ulu

    Sungai yang terdapat di Siduung Ulu, yang mempunyai panorama alam dan dijadikan lokasi pemancingan.

    10)       Kecamatan Kelay

    1. Jembatan Gantung, Merapuan

    Jembatan Gantung yang terdapat di Merapuan, Kecamatan Kelay. Bermanfaat untuk menghubungkan dua daerah yang terpisah oleh sungai.

    1. Kawasan Hutan Lindung Sungai Segah, Lesan Baru

    Kawasan ini merupakan kawasan hutan yang dilindungi. Berbagai spesies pohon, bunga, orang utan, beruang madu dilestarikan di kawasan ini. Mempelajari ratusan jenis flora serta fauna langka seperti orang utan dan beruang madu dapat dilakukan di kawasan ini.

    1. Air Terjun Bawan Batu, Merasa

    Panorama air terjun, udara sejuk serta suasana hutan yang masih rindang menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun Bawan Batu ini. Letaknya di tengah hutan menjadikan ke eksotisan dan kealamiannya terjaga dengan baik.

    1. Lungun, Long Ayan

    Merupakan salah satu wisata alam dimana terdapat kuburan orang Dayak yang dikubur didalam goa. Untuk mencapai lokasi Lungun tersebut kita dapat menggunakan angkutan air. Dan kuburan ini sangat unik karena kuburan ini ditempatkan di gua tebing yang sangat sulit dijangkau manusia bahkan binatang. Pada umumnya Lungun telah berusia 100 tahun.

    1. Batu Anjing, Long Laay

    Merupakan jenis wisata alam yang menyediakan panorama alam yang indah.

    1. Jembatan Alami, Tubaan Ulu

    Wisata alam yang mempunyai keunikan jembatan alamiah yang terbuat dari batu gunung dan menyuguhkan panorama alam yang indah.

    1. Sumber Air Bersih, Tubaan

    Merupakan jenis wisata alam yang terdapat sumber air bersih langsung dapat diminum tanpa dimasak terlebih dahulu.

    1. Danau Ikau La-Hang, Malinau

    Merupakan jenis wisata alam yang menyuguhkan panorama alam danau yang ada di atas bukit.

    11)       Kecamatan Biatan Lempake

    1. Air Panas Asin Pemapak

    Sumber air panas asin dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

    12)       Kecamatan Talisayan

    1. Agro Wisata, Talisayan

    Merupakan jenis wisata alam dimana terdapat perkebunan kelapa sawit yang merupakan upaya pemerintahan untuk menggalakan usaha dibidang perkebunan yang sementara ini dikelola oleh PT. Dwiwira Lestari Jaya dengan tujuan untuk memberdayakan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Berau sehingga mengurangi pengangguran dan dapat meningkatkan pemasukan daerah.

    1. Air Terjun Tirta Kencana

    Air terjun dengan panorama alam yang indah. Udaranya sejuk dan airnya sangat segar.

    1. Goa Talisayan

    Merupakan jenis wisata alam yang memberikan keindahan alam Bukit Kapur yang mempunyai keunikan terbentuk secara alami. Goa ini didiami oleh burung walet dan 34 jenis kelelawar.

    1. Riam Balesum, Dumaring

    Merupakan wisata alam yang memberikan panorama alam yang masih terjaga keasliannya. Di lokasi tersebut kita bisa menikmati jernihnya air sungai yang tembus pandang sampai kedasarnya.

    1. Pantai Asmara

    Salah satu jenis wisata pesisir yang mempunyai daya tarik berupa pantai berpasir putih.

    1. Kampung Dumaring

    Merupakan jenis wisata budaya yang menyuguhkan kehidupan masyarakat suku dayak.

    13)       Kecamatan Batu Putih

    1. Danau Ne’Lenggo, Kampung Tembudan

    Merupakan salah satu obyek wisata alam dimana kita bisa menikmati pemandangan dan rindangnya pepohonan di tepian danau alam.

    14)       Kecamatan Biduk-Biduk

    1. Teluk Sulaiman

    Lokasi wisata alam yang memberikan panorama yang menawan. Disini kita bisa menikmati kegiatan memancing.

    1. Teluk Sumbang

    Lokasi wisata alam dimana kita bisa menikmati panorama alam yang menawan.

    1. Air Terjun Sipanimbul, Teluk Sumbang

    Merupakan lokasi wisata alam yang terletak tidak jauh dari teluk Sumbang dimana mempunyai panorama indah yang menawan.

    15)       Kecamatan Sambaliung

    1. Keraton Sambaliung

    Salah satu obyek wisata sejarah yang masih berdiri megah dan masih terpelihara di Kecamatan Sambaliung. Sebagai salah satu peninggalan budaya yang membuktikan bahwa di Kabupaten Berau terjalin dua buah kerajaan yang salin menjalin kebersaman yang anti penjajah. Kesultanan Sambaliung meninggalkan sebuah bangunan dan benda-benda bersejarah antara lain sebuah replica Singgasana yang dulu dipakai oleh Sultan Muhammad Amimmuddin (1920-1959).

    1. Makam Raja-Raja Sambaliung

    Merupakan salah satu wisata sejarah yang menunjukan kebesaran Kerajaan Sambaliung. Didalam komplek makam raja-raja Sambaliung terdapat makam Sultan Muhammad Amimmuddin yang merupakan Sultan terakhir Kerajaan Sambaliung.

    1. Tugu Benabaru

    Lamin dayak merupakan salah satu obyek wisata budaya yang mempunyai daya tarik berupa tugu dan rumah adat masyarakat Benabaru.

    1. Lamin Dayak

    Merupakan salah satu wisata budaya yang merupakan rumah pertemuan suku Dayak Kenyah Ba’deng.

    1. Pesta Adat Babanir Bangun

    Merupakan salah satu daya tarik wisata budaya yang menyuguhkan pesta adat perkawinan adan Banua Babanir Bangun.

    1. Pesta Adat Tumbit Dayak

    Wisata budaya yang menuguhkan pelaksanaan pesta adat masyarakat suku Dayak (Bekudung Betiung).

    16)       Kecamatan Gunung Tabur

    1. Museum Battiwakal

    Didalam keraton, kita bisa menjumpai replica Singgasana kerajaan yang dihiasi dengan benda-benda yang digunakan oleh raja untuk menerima tamu dan bermusyawarah dengan para pejabat-pejabat kerajaan. Juga terdapat ranjang yang dihiasi dengan kelambu serta bentuk yang unik yang digunakan oleh raja sebagai tempat peristirahatan.

    1. Masjid Jami

    Masjid tertua di Kecamatan Gunung Tabur.

    1. Makam Raja-Raja Gunung Tabur

    Merupakan jenis wisata sejarah yang menunjukan peninggalan sejarah Kerajaan Gunung Tabur.

    1. Pesta Adat Gunung Tabur

    Jenis wisata budaya dan merupakan salah satu pesta adat Tolak Bala.

    17)       Kecamatan Teluk Bayur

    1. Kuburan Belanda

    Salah satu jenis wisata sejarah yang terdapat kuburan orang-orang Belanda semasa zaman penjajahan. Di pemakaman ini terdapat bebrapa makam yang bertuliskan bahasa Belanda yang dilengkapi dengan data-data yang tertulis pada batu nisan dan batu yang dibuat pada kuburan.

    1. Terowongan Eks Tambang Batubara Belanda

    Merupakan salah satu jenis wisata sejarah yang menunjukan bekas tambang batubara pada zaman penjajahan Belanda. Adapun terowongan tersebut mempunyai panjang ±100 m.

Related

MINANGKABAU TOUR 3 HARI 2 MALAM

2018-03-15 19:59:44
mariogatr4v3l

18

Sulaiman Bay in Biduk-Biduk Sub-District, Berau

2018-02-20 17:38:40
mariogatr4v3l

18

Derawan Island in Berau District, East Kalimantan Province

2018-02-20 17:25:27
mariogatr4v3l

18

PAKET KUNKER BALIKPAPAN 3D/2N

2019-01-24 15:58:42
mariogatr4v3l

8

SURABAYA CITY TOUR + SURAMADU 3D2N

2018-04-09 11:50:16
mariogatr4v3l

8

WISATA BROMO – BATU MALANG 3D2N

2018-04-09 11:29:39
mariogatr4v3l

8

BEST JOGJA SOLO 3D2N

2018-04-09 11:05:27
mariogatr4v3l

8

5D4N JAKARTA– BANDUNG FULLBOARD TOUR

2018-03-15 19:52:09
mariogatr4v3l

8

JAKARTA TOUR 3H2M

2018-03-15 19:50:17
mariogatr4v3l

8